Sejarah Soto


Soto merupakan hidangan yang terkenal di Indonesia. Soto sendiri sudah kita kenal dengan makanan tradisional dari berbagai daerah, karena hampir di setiap daerah memiliki makanan yang disebut "soto". Soto itu sendiri memiliki berbagai macam keunikan rasa, untuk mengetahui ciri khas dari soto itu sendiri dari setiap daerah menggunakan nama kota atau daerahnya pada makanan ini, misalnya : Soto Lamongan, Soto Madura, Soto Medan, Soto Kudus, Soto Semarang. Tahukah anda sejarah soto yang sebenarnya??? Menurut Dennys Lombard, dalam bukunya Nusa Jawa: Silang Budaya, asal mula Soto adalah makanan Cina bernama Caudo, pertama kali populer di wilayah Semarang. Dari Caudo lambat laun menjadi Soto, orang Makassar menyebutnya Coto, dan orang Pekalongan menyebutnya Tauto bahkan beberapa tempat ada yang menyebutnya Sauto. Soto juga merupakan campuran dari berbagai tradisi, baik dari tradisi cina maupun tradisi lokal yang mana bumbu dari soto tersebut di sesuaikan dengan lidah orang indonesia sehingga soto masih menjadi primadona makanan sampai sekarang. Isi dari soto identik dengan mie atau soun, daging ayam / daging sapi / daging kerbau, menggunakan perasan jeruk limau, bawang goreng, koya, dan tidak lupa manambahkan nasi. itulah sedikit asal usul tentang soto.


Soto Medan

 

 Salah satu kuliner yang harus disantap adalah soto medan yang gurih dan kaya akan rasa. Soto Medan itu ciri khasnya adalah santan yang kental. Selain itu juga menggunakan beragam rempah asli Indonesia. Selain khas kuah kental dan rempah-rempahnya, Soto Medan juga menggunakan suwiran daging ayam atau potongan daging sapi. Pilihan suwiran daging ayam atau potongan daging sapi disesuaikan dengan selera masing-masing. Dan di Medan, juga terdapat kedua pilihan tersebut. Berikut adalah pilihan soto medan ;

 

Soto Paru Sapi

 


 

 

Soto Sawiran  Daging Ayam




 

Soto Medan menpunyai rasa gurih dari santan yang gurih dan manis. Ditambah aneka pelengkap lainnya, membuat soto Medan terasa nikmat dengan aroma rempah-rempah yang sangat terasa nikmat saat disantap dalam keadaan hangat.Bagi penyuka pedas, rasa pedas akan didapat sari sambal cabai rawit. Untuk penambah rasa segar soto, bisa didapat dari perasan air jeruk nipisnya.Di dalam satu hidangannya ada bihun, tauge, suwiran daging ayam atau potongan daging sapi, potongan telur rebus, tomat, bawang goreng, daun bawang, daun seledri, dan kerupuk merah.Soto Medan yang enak itu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan segar. Selain itu juga perlu diperhatikan waktu dalam masaknya, agar kuahnya kental dengan sempurna. Jika anda berkunjung ke Kota Medan salah satu kuliner Medan yang harus anda santap adalah Soto Medan. Salah satu tempat membeli Soto Medan  di kota di Medan yaitu di Jl. Setia Budi  No. 18. Harga 1 porsi  Rp 25.000 untuk Soto Paru Sapid an Rp 25.000 untuk Soto Ayam.

 

Bahan Bahan Pokok :

·      Resep Soto Medan

Bahan kuah :
300 gram daging ayam
4 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 cm jahe
1 cm kunyit
1 cm lengkuas
4 buah kemiri
200 ml santan
1 batang kayu manis
1 buah bunga lawang
2 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
1 batang serai
Buah pala secukupnya
Kapulaga secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Pelengkap:
Bihun secukupnya
Suiran daging ayam
Tauge
Daun seledri
Daun bawang
Bawang goreng
Tomat
Jeruk nipis
Sambal cabai rawit
Kerupuk merah

  

 

 


Komentar