Sejarah Manisan Buah       

        Manisan buah adalah buah-buahan yang direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu. Manisan biasanya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan. Teknologi membuat manisan merupakan salah satu cara pengawetan makanan yang sudah diterapkan sejak dahulu kala. Perendamanan manisan akan membuat kadar gula dalam buah meningkat dan kadar airnya berkurang. Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikrob perusak sehingga buah akan lebih tahan lama.

 

Manisan  Buah

 

        Pada awalnya manisan dibuat dengan merendam pada larutan gula hanya untuk mengawetkan. Ada beberapa buah yang hanya dipanen pada musim-musim tertentu. Saat musim itu, buah akan melimpah dan kelebihannya akan segera membusuk apabila tidak segera dikonsumsi. Untuk itu manusia mulai berpikir untuk mengawetkan buah dengan membuat manisan. Manisan juga dibuat dengan alasan memperbaiki cita rasa buah yang tadinya masam menjadi manis. Setelah berkembang menjadi komoditas, manisan mulai diolah dengan berbagai tambahan bahan, seperti pemutihpengenyal, pengering, atau gula buatan.

 

Manisan Salak Khas Medan

 

 


          Manisan salak menjadi salah stau olahan yang banyak disukai, terutama saat hari besar tertentu. Manisan yang satu ini cara membuatnya juga tak kalah mudah. Rasanya enak dan pastinya bikin nagih. Berbahan salak pilihan yang berkualitas, dibuat dengan cara yang higienis. Manisan salak medan disajikan dengan memotong salak menjadi 2 bagian yang sudah dibersihkan. Yang menarik dari manisan salak khas medan selain rasanya yang enak,

          Tempat Membeli Manisan salak Khas Medan Sebagai Oleh-oleh Khas Medan Jika Anda berkunjung ke Medan, manisan salak khas Medan dapat menjadi salah satu oleh-oleh andalan Anda. Manisan salak khas Medan merupakan kuliner khas Medan Salah satu tempat membeli manisan salak khas medan di kota asalnya yaitu di Medan jl. Karya wisata blok 3 No. 11, seharga Rp. 12.000 untuk kemasan ¼ kg.

Bahan-bahan:                   

                                                                                            
- 1 kg salak yang sudah matang
- 3000 ml air
- 1/2 kg gula pasir
- 2/3 sdt garam
- 1 gram asam askorbat

 

 

 

Manisan Ceri Khas Medan

 


        Manisan ini enak memiliki tekstur lembut dengan rasa manis asam yang khas di mulut. Ceri adalah buah yang pas untuk dijadikan manisan basah yang segar, jadi sangat nikmat dimakan saat cuaca panas.

        Tempat membeli Manisan Ceri khas Medan Sebagai Oleh-oleh Khas Medan jika anda pergi ke Medan pulang – pulang beli oleh manisan ceri, enak rasanya dan cocok untuk cemilan. Salah satu tempat membeli manisan Ceri khas Medan yaitu di Medan jl. Karya wisata blok 3 No. 11. Manisan Ceri cukup murah, yakni sekitar Rp 12.000 untuk kemasan ¼ kg.

Bahan – bahan :                                                

·            10 kg ceri setengah matang

·            5 kg gula pasir untuk sirup

·            1 sendok teh kapur sirih

·            4 sendok teh natrium benzoat

·            15 gram garam dapur

·            2 sendok teh vanili

·            7 liter air bersih

 

Komentar