Mie Gomak



Mie Gomak adalah salah satu makanan yang sangat terkenal di Medan. Kuliner yang berbentuk mie ini juga sebagai masakan khas daerah dari tanah Batak Toba Sumatra Utara. Bentuknya yang menyerupai Spagethi ini Juga sering disebut Spageti Batak karena mirip dengan spageti dari Itali, bentuknya mirip seperti lidi.Mie yang sudah direbus biasanya dibuat terpisah dengan kuah dan sambalnya. Meski banyak ragam untuk membuat menu makanan khas Batak ini, ada yang menggunakan kuah ada juga dibuat seperti mie goreng. Rasanya sangat unik apabila mie gomak dicampur dengan bumbu dari tanah Batak yakni andaliman.Mie Gomak merupakan salah satu dari sekian banyak kuliner khas tepian Danau Toba. Keistimewaannya tersua rasa pedas ketir dari percampuran cabai, bawang dan andaliman. Rasa ketir ini datang dari bumbu merica khas Toba bernama andaliman. Tumbuhan ini hanya bisa ditemukan di wilayah Sumatera Utara. 

Asal usul di sebut mie gomak karena dahulu saat mau disajikan ke piring/cawan, mienya digomak (dijumput dengan tangan). Sekarang, pencampuran mi gomak dengan bumbu tidak lagi digomak melainkan memakai garpu atau sendok. Namun beberapa pedagang masih saja menggodak (menjumput) mi dengan tangan dilapisi kantong plastik atau kresek. Higienitas makanan tetap terjaga.Secara tampilan fisik, ukuran mi gomak lebih besar daripada mi lainnya. Teksturnya lembut dan kenyal serta tidak gampang patah saat dimasak. Mi gomak paling sedap adalah yang memakai bahan mentah Mie Lidi Cap A1, produksi Simalungun, Sumatera Utara. Disebut mie lidi karena bentuk mentahnya, seperti batang-batang lidi, tegak dan lurus.Mi Gomak biasanya disajikan dalam dua bentuk yakni mi goreng atau mi gomak kuah. Namun beberapa sajian kuliner lain juga kerap memakai mi gomak sebagai menu campuran, misalnya dipadukan dengan gado-gado atau pecal, atau sebagai bahan tambahan untuk Lontong Medan.Mi gomak ini kerap dijadikan sebagai menu sarapan pagi di daerah-daerah tepian Danau Toba, mulai dari daerah Porsea, Laguboti, Balige, Tarutung hingga ke Tapanuli Selatan. 

Bahkan, di Kota Medan dan Deli Serdang kini cukup mudah menemukan menu sarapan pagi mi gomak di sejumlah warung makan. Namun, mi gomak paling nikmat dan khas itu hanya ada di pasar tradisional Kota Porsea, Sumut.Orang-orang dari Sumatera Utara yang kemudian tinggal di tanah rantau, pada umumnya punya kenangan kuat tentang mi gomak. Semasa sekolah mulai dari taman kanak-kanak hingga setingkat menengah atas, salah satu jajanan anak-anak yang dijual di kantin sekolah adalah mi gomak. Dengan uang kantong seadanya, pelajar bisa menikmati mi gomak dan tidak lagi kelaparan melewati pelajaran hingga enam les setiap hari.Hingga kini, acara-acara hajatan nikah, arisan, acara keluarga hingga partangiangan (kegiatan doa) komunitas, kerap menyajikan mi gomak sebagai hidangan. Sebagai kuliner khas Toba, tentulah mi gomak layak dipopulerkan, seiring dengan target promosi Danau Toba. Destinasi wisata akan lebih maju jika kuliner lokalnya turut dipopulerkan. 

Bahkan mie gomak juga sudah sangat gampang kita jumpai di daerah sumatera kuliner khas batak ini juga sudah termasuk makanan khas medan.Mi gomak sebenarnya bisa ditemukan hampir di semua daerah di Sumatera Utara. Salah satu penjual mie gomak yang enak berada di daerah medan di jl.Jamin Ginting,Padang bulan
Tidak perlu ragu dan takut jika ingin mencicipi hidangan Khas Batak yang satu ini, karena mi gomak dijual dengan harga yang sangat murah. Harga mie gomak satu porsi hanya Rp.10.000.




            Mie gomak ini ada 2 jenis  mie gomak goreng dan mie gomak kuah,perbedaan mie gomak ini hanya di kuah saja.mie gomak memiliki rasa yang sangat istimewa yaitu rasa pedas ketir yang berasal dari cabe,bawang dan andaliman,sehingga membuat kita terus ingin mencicipi mie gomak tersebut,selain rasa ketir nya mie gomak memiliki kuah kaldu yang sangat enak.dan mie yang di gunakan untuk membuat mie gomak ini sangat kenyal sehingga enak untuk di makan.adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mie gomak adalah:

 Bahan-bahan :

1. 1000 ml kaldu Ayam/sapi
2. 500 ml santan
3. 500 gram Mie Lidi
4. 2 buah labu siam, potong korek api
5. 2 buah tomat, potong dadu
6. 250 gram tempe, potong kotak kecil
7. 2 lembar daun salam
8. 3 batang sereh, memarkan
9. 5 cm Lengkuas, memarkan
10. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang  dihaluskan:

1. 10 buah cabe merah
2. 10 butir bawang merah
3. 2 siung bawang putih
4. 5 cm kunyit, bakar
5. 3 cm jahe
6. 5 butir kemiri, hancurkan lalu di sangrai
7. 2 sdm andaliman
8. Garam secukupnya
9. Gula secukupnya
10. Lada secukupnya

 

 

Komentar